Senin, 05 Oktober 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

A.    IDENTITASMATA PELAJARAN

Satuan Pendidikan           : SDN 16 Tarok Dipo

Kelas / Semester               : 1 /I

Tema                                : Kegemaranku (Tema 2)

Sub Tema                         : Gemar Bernyanyi dan Menari (Sub Tema 2)

Pembelajaran ke               : 1

Alokasi waktu                  : 6 X 35 menit (1 Hari)

 

B.     KOMPETENSI INTI

1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.  Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.

3.   Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.    Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

C.    KOMPETENSI DASAR

B. Indonesia

3.11 Mengenal puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.

4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.

 

SBdP

3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari

4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari

 

PPKn

3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

 

D.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

B. Indonesia

3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat

4.11.1 Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat

 

SBdP

3.3.2 Membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari

4.3.2 Memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari

 

PPKn

3.2.10 Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan adik di rumah

4.2.10 Bermain bersama adik di rumah

 

E.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan membaca syair lagu Andaikan Aku Punya Sayap, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan sayang untuk orang tua dengan tepat.

2.        Dengan menyanyikan lagu Andaikan Aku Punya Sayap siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang dalam syair lagu Andai Aku Punya Sayap yang telah didengar dengan tepat.

3.    Melalui kegiatan diskusi tentang gerakan daun berguguran dan burung terbang, siswa dapat membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat.

4.      Dengan menirukan gerakan-gerakan alam, siswa dapat memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat dan percaya diri.

5.     Setelah membaca teks, siswa dapat menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan adik di rumah dengan tepat.

6.      Dengan kegiatan bernyanyi bersama adik, siswa dapat bermain bersama adik di rumah dengan sikap yang tepat dan percaya diri.

   

F.     URAIAN MATERI

SBdP

B. Indonesia

 

PPKn

Adik lahir setelah kita lahir.

Usia adik lebih muda dari kita.

Adik butuh perhatian.

Adik juga butuh bantuan.

Kakak yang baik pandai menjaga adik.

Kakak yang baik selalu membantu adik.

Kakak yang baik disayang ayah bunda.

 

G.    PENDEKATAN & METODE

Pendekatan                 : Scientific

Model                          : cooperatif

Langkah-langkah :

1.      Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

2.      Menyajikan informasi

3.      Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok

4.      Membimbing kelompok dalam bekerja dan belajar

5.      evaluasi

6.      Memberi penghargaan

Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah

 

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

SINTAK

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

 

PENDAHULUAN

1.      Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.

2.      Seorang siswa diminta untuk memimpin doa.

3.      Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.

4.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

15 menit

Menyajikan informasi

 

Inti

1.          Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar halaman depan sub tema 1, guru meminta salah satu siswa membaca teks di halaman depan.

2.          Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Andaikan Aku Punya Sayap Ciptaan Titiek Puspa

3.          Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan Tahukah kamu lagu tersebut? Lagu tersebut bercerita tentang apa?

4.          Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan lagu yang dinyanyikan.

5.          Siswa membuat tanda √ untuk kalimat yang sesuai dan tanda X untuk kalimat yang tidak sesuai dengan lagu Andaikan Aku Punya Sayap

6.          Kemudian siswa menyanyikan lagu Andaikan Aku Punya Sayap dengan ekspresi yang tepat.

 

Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok

 

7.          Dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 3 orang, siswa berdiskusi tentang bagaimana gerakan daun berguguran dan gerakan burung terbang.

8.          Guru menyampaikan kepada siswa, setiap siswa dalam kelompok diskusi harus memberikan usulan gerakan-gerakan daun berguguran dan burung terbang.

 

Membimbing kelompok dalam bekerja dan belajar

 

9.          Guru mendampingi diskusi siswa.

10.      Kemudian siswa menentukan gerakan untuk berlatih bersama.

11.      Pada akhir diskusi, setiap kelompok menunjukkan gerakan yang mereka sepakati dan telah latihan bersama.

Evaluasi

 

12.      Siswa mengisi tabel gerak cepat/lambat.

13.      Setelah selesai, guru membahas jawaban-jawaban siswa.

14.      Siswa menirukan gerakan-gerakan alam yang ada dalam tabel.

15.      Siswa memeragakan tarian tersebut di depan kelas.

16.      Siswa membaca cerita di buku siswa

Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan: Apakah kalian setuju dengan kakak di dalam cerita?

Apakah yang dilakukan kakak benar? (Guru dapat menstimulasi siswa untuk memberikan alasan atas jawaban siswa. Mengapa menjawab benar? Mengapa menjawab salah? Jika salah, bagaimana yang seharusnya?)

17.      Siswa diminta menceritakan hasil pemikirannya, apa yang harus dilakukan jika adiknya suka menari di atas tempat tidur.

18.      Siswa membaca teks tentang adik di buku siswa.

19.      Siswa menuliskan 5 (lima) hal baik yang dilakukan untuk adik. Nomor 1 telah diberikan sebagai contoh. Minta siswa untuk menebalkan jawaban nomor 1 dan menuliskan pendapat mereka sendiri di nomor 2, 3, 4, dan 5.

Guru membahas jawaban-jawaban siswa.

Memberi penghargaan

 

1.      Guru memberi penghargaan kepada siswa yang hasil gambarnya dan cetaknya bagus.

34.Kelas ditutup dengan doa bersama.

 

Kegiatan Penutup

1.      Guru menjelaskan kepada siswa bahwa siswa akan melakukan kegiatan bernyanyi lagu Sayang Semuanya di rumah, bersama adik.

2.      Orang tua akan mengamati dan memberikan nilai terhadap kegiatan bersama adik tersebut.

3.      Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.

4.      Kelas ditutup dengan doa bersama.

 

 

Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar

Media/alat bantu

·         Buku Teks.

Sumber belajar

·         Kurikulum 2013

·         Buku guru revisi ke 3 tahun 2016 (draft) kementrian dan kebudayaan

·         Buku siswarevisi ke 3 tahun 2016 (draft) kementrian dan kebudayaan

 

 

 

H.    PENILAIAN

Penilaian Pembelajaran

Penilaian Sikap: Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan.

Penilaian Pengetahuan

·         Tes tertulis

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui :

Kepala Sekolah

 

 

(   DESNAWATI,S.PD SD   )           

 NIP.196804141993122001.-                                 

 

 

 

Bukittinggi,                           2020

Guru Kelas

 

 

(YOSNITA YOHANIS,S.PD)

NIP. 197001302008012004.-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar